resep chesse cake favorit ku yang ga perlu susah cari cream chesse …cukup keju stock dirumah..dimixed sama susu…baca resepnya ribed kata sebagian orang…dijamin klu bahan nya sdh siaaaaapp…lancar jaliiii deh..ga pake ribet n remphing …hasilnya pun ga pake lama langsung habess

cheddar chesse cake ( resep elly mom aljos)

Bahan A:
130 gram susu cair (UHT atau fresh)
40 gram unsalted butter
125 gram cheddar cheese

Bahan B:
20 gram tepung terigu
15 gram tepung maizena
2 kuning telur
1 sdt air jeruk lemon

Bahan C:
3 putih telur
80 gram gula pasir
¼ sdt cream of tar-tar

Bahan E: optional
1 sdm selai aprikot
1 sdm air matang

Cara pembuatan:

Siapkan loyang 18 cm, olesi dengan mentega atau carlo lapisi dengan kertas roti, olesi sekali lagi dengan mentega hingga rata. Lapisi bagian luar loyang dengan aluminium foil, pastikan loyang kedap air,atau menggunakan loyang tanpa sambungan,Siapkan loyang untuk air rendaman, isi dengan air sampai 1/4-nya (pastikan saat memanggang ketinggian air tidak boleh melebihi 1/3 tinggi loyang adonan).

Campur mentega, susu cair, dan keju cheddar yang sudah diparut (Bahan A) dalam panci kecil, panaskan di atas api sambil diaduk-aduk hingga semua bahan meleleh dan menyatu. Jaga supaya krim tidak sampai gosong. Jika perlu, matikan api sementara krim diaduk-aduk.
Dalam keadaan krim masih hangat, ayak terigu dan maizena (Bahan B)ke dalamnya. Aduk hingga rata. Masukkan kuning telur. Masukkan air jeruk. Pastikan semua bahan menyatu.
Masukkan loyang berisi air ke oven, nyalakan oven dengan suhu 160°C.

Kocok putih telur, gula pasir dan cream of tar tar hingga ‘soft peak’ saja, Masukkan kocokan ini ke adonan. Aduk hingga benar benar rata Tuang adonan ke dalam loyang.
(Note:putih telur dalam keadaan fresh ,bersih , tempat dan alat dalam keadaan bersih dr minyak krn berpengaruh pada hsl kocokan)

Pastikan loyang sudah cukup hangat. Air rendaman tidak perlu sampai mendidih/bergolak, cukup sampai ada gelembung-gelembung kecil di dasar loyang. Letakkan adonan loyang di atasnya.
Panggang selama 50 menit. Tes dengan tusuk gigi. Jika masih kurang matang, bisa ditambahkan 5-10 menit lagi. Saat matang, permukaan cheese cake tetap kuning (tidak coklat) dan ada semu keemasan.

Dalam keadaan hangat, langsung balik adonan. Supaya tidak lengket, gunakan selembar serbet kering untuk membalik.

Topping hangatkan selai aprikot dengan air matang di atas kompor (asal hangat dan bisa diaduk). Olesi permukaan cheese cake dengan selai, hias dengan buah-buahan sesuai selera.(Kalau aku pakai whipcream kasih strawberry)

20120213-004052.jpg

20120213-004613.jpg

7 responses »

  1. Pengen bngt mencoba resep ini Mbak, cuman pengen nanya dulu nich supaya nanti sukses bikinnya,,kalo Unsalted butter itu merek ♈ªʼnĝ ada dipasaran apaan mbak??? Makasih

  2. ahirnya dapet jg resep chees cake yg g pke chees cream, tp agak bingung ma cara bikin nya nih…
    jadi tu loyang nya ada 2 ya? untuk d isi adonan dan 1 untuk d isi air?

    • Iya aku juga senang dengan resep ini, jd mekanismenya loyang adonan dialasin loyang berisi air,pastikan loyang yang berisi adonan tidak bocor…dites sebelum digunakan (celupkan loyang kosong kering dlm baskom air besar nanti kelihatan ada rembesan atauu tdk)klu bisa loyang adonan dilapisin almunium foil baru letakan diloyang yg lebih besar berisi 2/3 air hangat .

  3. mbak…kl cream of tar-tar nya di skip…apakah tetep bisa bagus kocokan putih telurnya??…hhmm,soalnya saya pernah baca cream of tar2 itu blm halal mbak…kl mbak tau, yg udah halal merek apa ya mbak?..hehe…oia mbak…soft peak itu kl dibalik wadahnya telurnya ga tumpah bukan mbak?…(masih ga mudeng ma hasilnya si soft peak atau kaku..)hehe,makasih ya mbak atas pencerahannya…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s