Berikut ini beberapa brownies kukus dasar yang sangat simple (baca resepnya aja yang kadang ngejlimet) bahan bahannya juga mudah didapatkan di toko bahan kue dipasar or supermarket insyaAllah hasilnya jadi rebutan orang serumah….janagn disimpan or dibaca ayo praktek

Brownies kukus (resep ny.liem)

Ingredients:
Telur 6 butir
Gula 225 gram
Vanili secukupnya
Garam secukupnya
Emulsifier 1/2 sdt teh ( tbm atau sp atau vx)
Terigu 125 gram, ayak, aduk rata dg coklat bubuk
Coklat bubuk 50 gram, ayak, aduk rata dg terigu ( aku pakai bendsdroop…yg lain boleh)
Minyak 175 ml
Dark Cooking Cokelat 100 gram, lelehkan, campur dg minyak (dcc = coklat blok )

Susu Kental Manis (SKM) 75 ml

Directions:
Kocok telur dan gula hingga mengembang, masukkan campuran tepung terigu dan cokelat bubuk. Aduk perlahan hingga rata. Masukkan campuran minyak dan DCC, aduk hingga rata. Sisihkan sepertiga bagian adonan, beri SKM, aduk rata.

Bagi 2 adonan tanpa SKM, bagian I kukus selama 10 menit(pastikan matang dengan tes tusuk) kemudian tuangkan adonan dg SKM kukus selama 10 menit, terakhir masukkan adonan sisa tanpa SKM, lanjutkan mengukus selama kurleb 20 menit. Angkat.

Brownies kukus NCC (resep ibu Fatmah)

Ini aku buat setengah resep ya karena hand mikser cuma bisa maksimal 8 telor …resep aslinya 12 telor (ayaaahhh beliin mikser artis dong)

Bahan A:
• 6 btr telur
• 225 gr gula pasir
• 10 gr Emulsifier(tbm,sp or vk)
• ½ sdt garam
Bahan B:
• 35 gr coklat bubuk
• 150 gr tepung terigu protein sedang
• 1 sdt vanilli
Bahan C:
• 150 gr mentega/margarine (aku pakai margarine)
• 100 gr dark cooking chocolate (coklat blok)
• ½ sdm pasta coklat black forest
Bahan filling :
• 100 gr (secukupnya) coklat meises

Cara membuat:
1. Siapkan loyang 20×20,hangatkan kukusan dengn api sedang .(kalau pk kukusan alasi tutup kukusan dengan kain)
2. Kocok bahan A sampai kental, masukkan bahan B sambil diayak, lalu tuang bahan C, aduk hingga rata benar. Bagi adonan sama rata menjadi 3 bagian
3. Tuang satu bagian adonan ke dalam loyang, kukus selama lk. 10 menit.(pastikan matang dengan tes tusuk)
4. Buka kukusan, taburi setengah bagian mesis, tuang lagi satu bagian adonan, kukus lagi 15 ulangi smp adonan habis lalu kukus hingga matang

BROWNIES KUKUS KEJU RADIN CAKE
by. Nia Radin Cake
Brownies ini lebih cucok jadi yellownies karena keanggunannya (huwaaaaa maaf mba nia) tapi varian brownies yang enak lembut klu mau brasa kejunya dipotong dadu ditaburin tepung dulu

Bahan A :

2 btr kuning telur
2 btr telur utuh
100 gr gula pasir
1/2 sdt vanilli
1/2 sdm emulsifier (aku pake sponge 28)

Bahan B : (aduk rata)
1/2 sdt garam
75 gr tepung terigu protein sedang(segitiga biru)
25 gr susu bubuk(susu bubuk anakku shas tambah sehat deh)
20 gr maizena
1/2 sdt baking powder

Bahan C : (lelehkan butter, campur dengan minyak sayur, aduk rata)

25 gr butter
85 ml minyak sayur

Bahan D :

50 gr keju cheddar, potong kotak kecil atau diparut (aku 80 gram ditaburi terigu setelah dipotong kotak)

Loyang ukuran 30 x 10 x 4 cm, olesi minyak/mentega, atau pake kertas roti

Cara membuat :

1. Panaskan kukusan.
2. Kocok bahan A (kecuali garam) hingga benar-benar kental dan berjejak. Masukkan garam, kocok lagi sebentar hingga rata.
3. Ayak bahan B ke bahan A.
4. Taburkan bahan D, aduk rata.(kalau aku setengah dulu kejunya)
5. Tuang bahan C keadonan, aduk balik hingga benar-benar rata.(masukan sisa keju potongannya aduk rata lagi )
6. Tuang ke dalam loyang, lalu masukkan ke kukusan yang telah berasap.
7. Kukus dengan api yang tidak terlalu besar selama lk. 40 – 45 menit.
8. Setelah matang, dinginkan. Olesi dengan mentega/buttercream dan parutkan keju diatasnya.(kejunya yang gondrong ya)
9. Sajikan.

12 responses »

  1. Bund.. Resepnya mantaabbb… Enyaaaaakk… Gak kalah rasanya sm brownies kukusnya Am*nd*😀.. Dan yg paling penting guampang bgt bikinnya buat gw yg gak pernah bikin kue .. Ťђάηκ•⌣•ў☺ϋ . Yaaahhh… *hugnkisses

  2. Salam kenal sis,sis aq mau nanya dikit kl brokus ny liem itu uk ml sm cc itu beda atau sama ya?dr dulu bingung sm ukuran itu hehehehe pengen nyoba brokus nya😀 makasih sis

    • Proses steam / kukus adalah proses pematangan melalui uap itu biasa matengnya atas duluan baru merambat kebawah klu ketebalan atau sekaligus banyak ga mateng bagian bawahnya darling…setiap lapis sebentar ko..ayoo yoo ngukus

  3. Bagaimana dengan penambahan bahan bahan lain, misalkan kacang cincang ato kenari ?
    Apa juga diaduk jadi satu ? Kok biasanya bahan bahan itu turun di bawah bunda ? Thenkyu

    • Klu aku biasanya kacang atau kismis aku balur dengan terigu secukupnya,kan adonan aku bagi 3 kali pengukusan jadi pertama aku campurkan,yang kedua aku campurkan ke adonan ketika pas mau dituang keloyang,jadi selama adonan mengantri kacang dll belum saya aduk..

  4. salam kenal ya sis,,,seblmnya saya ucapkan terimakasih atas resepnya,,sy cb resepnya kenapa permukaannya bergelombang?dimn saya hrs memperbaiki kesalahan ini,thanx ya

  5. salam kenal sis…pengen bingid nyoba resep ini, tapi blm punya mixer…klo ngaduk pake spatula jadinya bagus juga gak? tq sista…

    • Untuk saat ini mohon maaf ga bisa mama maher…hasilnya tidak akan mengembang.boleh dikatakan nanti bantet

      Aku pernah nyoba brownies bakar tanpa mixer juga ada ,mohon maaf bisa coba search by goegle…itu enak ko

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s